Peningkatan Pola Berpikir Komputasi pada Siswa/i SMAK MATER DEI Melalui Bahasa Pemrograman Java dan Python
DOI:
https://doi.org/10.21460/servirisma.2022.22.28Kata Kunci:
Computational Thinking, Technology, Programming, ExtracurricularsAbstrak
Pada era industri 4.0, perkembangan ilmu pengetahuan khususnya pada bidang teknologi dan informasi berkembang sangat cepat. Hal ini menuntut setiap jenjang pendidikan di Indonesia agar mempersiapkan peserta didik beranjak ke dalam dunia teknologi. Maka dari itu, peserta didik harus dibekali dengan pemahaman terhadap Computational Thinking (CT). CT merupakan metode untuk melatih cara berpikir dalam memecahkan masalah menggunakan beberapa teknik dalam bidang ilmu komputer sains dan informatika. Dengan adanya penerapan CT, peserta didik dilatih untuk berpikir secara bertahap, sistematis, dan kreatif menggunakan komputer dan internet. Melalui penerapan pengajaran ini, diharapkan dapat memajukan pemikiran setiap peserta didik di Indonesia agar mereka bisa bersaing di dunia kerja nantinya. Oleh karena itu, Program Studi Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Kristen Krida Wacana, bekerjasama dengan SMAK Mater Dei dengan mengadakan pelatihan pemrograman berupa kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pelatihan ini berlangsung dari 10 Agustus 2021 sampai 9 November 2021. Pelatihan diadakan selama 10 pertemuan dan dibagi menjadi 3 fase, persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Materi pemrograman meliputi penggunaan IDE Greenfoot dan bahasa pemrograman Python menggunakan beberapa metode pengajaran. Pengukuran kemampuan siswa/i akan diuji menggunakan model pengujian pre-test dan post-test. Pelatihan ini berlangsung dengan baik dan pemahaman siswa/i terhadap pola pikir komputasional meningkat setelah diadakannya program ini.
Referensi
Adler, R. F., & Kim, H. (2017). Enhancing future K-8 teachers’ computational thinking skills through modeling and simulations. Education and Information Technologies, 23(4), 1501–1514. https://doi.org/10.1007/s10639-017-9675-1
Bower, M., Wood, L., Lai, J., Howe, C., Lister, R., Mason, R., Highfield, K., & Veal, J. (2017). Improving the Computational Thinking Pedagogical Capabilities of School Teachers. Australian Journal of Teacher Education, 42(3), 53–72. https://doi.org/10.14221/ajte.2017v42n3.4
Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2020). Berpikir Komputasi Dalam Pembelajaran Matematika. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 50. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).50-56
Chandrashekar, H. S., Kiran, A. G., Uma, B., & Sunita, P. (2018). Introducing Programming using Scratch and Greenfoot. Journal of Engineering Education Transformations, 31(Special Issue). https://doi.org/10.16920/jeet/2018/v0i0/120957
Effendy. I. (2016). Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.a pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. J. Ilm. Pendidik., 1(2), 81–88.
Fathurrahmani, Herpendi, H., & Hafizd, K. A. (2021). PENTINGNYA MEMILIKI DIGITAL SKILLS DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal WIDYA LAKSMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 83–90.
Fedorenko, E., Ivanova, A., Dhamala, R., & Bers, M. U. (2019). The Language of Programming: A Cognitive Perspective. Trends in Cognitive Sciences, 23(7), 525–528. https://doi.org/10.1016/j.tics.2019.04.010
Hikmawan, R., Suherman, A., Fauzi, A., & Mubarak, I. (2020). Ikigai as Student High Order Literacy Skills Intrinsic Motivation Learning Template. Journal of Education Research and Evaluation, 4(1). https://doi.org/10.23887/jere.v4i1.22449
Hsu, T.-C., Chang, S.-C., & Hung, Y.-T. (2018). How to learn and how to teach computational thinking: Suggestions based on a review of the literature. Computers & Education, 126, 296–310. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.07.004
Kani. (2020). Modul Pengantar Algoritma dan Pemrograman. Algoritm. dan Bhs. Pemrograman, vol. 1, pp. 1–36, [Online]. Available: https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/MSIM4203-M1.pdf.
Masyita, A. A., & Rumi, A. (2021). Pengaruh Pemberian Edukasi terhadap Pencegahan dan Deteksi Dini Penyakit Kanker Payudara pada Ibu-Ibu Majelis Al- ‘ Arabiyyat Kota Palu. 6(2), 536–542.
Nurhopipah, A., Suhaman, J., & Humanita, M. T. (2021). PEMBELAJARAN ILMU KOMPUTER TANPA KOMPUTER (UNPLUGGED ACTIVITIES) UNTUK MELATIH KETERAMPILAN LOGIKA ANAK. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2603–2614. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5295
Pertiwi, A., & Pertiwi, A. (2020). KONSEP INFORMATIKA DAN COMPUTATIONAL THINKING DI DALAM KURIKULUM SEKOLAH DASAR, MENENGAH, DAN ATAS. ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(3), 146. https://doi.org/10.33633/ja.v3i3.53
Reshma Ramdas, N. (2019). Basic Fundamental of Python Programming Language and The Bright Future [Review of Basic Fundamental of Python Programming Language and The Bright Future]. 8(2).
Saragih. R. R. (2016). Pemrograman dan bahasa Pemrograman. STMIK-STIE Mikroskil, no. December, pp. 1–91.
Sukamto, T. S., Pertiwi, A., Affandy, A., Syukur, A., Hafidhoh, N., & Hidayat, E. Y. (2019). Pengenalan Computational Thinking Sebagai Metode Problem Solving Kepada Guru dan Siswa Sekolah di Kota Semarang. ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 99. https://doi.org/10.33633/ja.v2i2.51
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. https://doi.org/10.31219/osf.io/pcjvx
Tsai, M.-C., & Tsai, C.-W. (2017). Applying online externally-facilitated regulated learning and computational thinking to improve students’ learning. Universal Access in the Information Society, 17(4), 811–820. https://doi.org/10.1007/s10209-017-0542-z
Walker, H. M. (2015). Computational thinking in a non-majors CS course requires a programming component. ACM Inroads, 6(1), 58–61. https://doi.org/10.1145/2727126
Wirabumi. R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annu. Conf. Islam. Educ. Thought,1(1), 111.
Zuraidah, . N., Apriyadi, M. F., Fatoni, A. R., Al Fatih, M., & Amrozi, Y. (2021). Menelisik Platform Digital Dalam Teknologi Bahasa Pemrograman. Teknois : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Sains, 11(2), 1–6. https://doi.org/10.36350/jbs.v11i2.107
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Rita Wiryasaputra, Albert Salomo, Nina Sevani, Seruni
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish articles in SERVIRISMA agree on the following rules:
1. The author grants non exclusive royalty free rights, and is willing to publish articles online and complete (full access). With such rights SERVIRISMA reserves the right to save, transfers, manages in various forms, maintains and publishes articles while keeping the author's name as the copyright owner.
2. Each author contained in the article has contributed fully to the substance and intellectual, and is accountable to the public. If in the future there is a copyright infringement notification then this will be responsibility of the author, not SERVIRISMA .